Tehnik Jitu Mempromosikan Bisnis Di Facebook

Tehnik Jitu Mempromosikan Bisnis Di Facebook
Tutorial Facebook Marketing - Selamat malam sobat blogger jatim, Pada kesempatan malam hari ini saya akan mengulas tehnik paling jitu untuk memulai mempromosikan bisnis anda di facebook.
Tutorial Facebook Marketing Terbaru
Seperti yang sudah kalian ketahui, Facebook saat ini memiliki pertumbuhan yang sangat besar dari tahun ketahun.

Akan tetapi sangat di sayangkan masih banyaknya orang yang belum bisa memanfaatkan facebook untuk media promosi yang efektif. Hal tersebut dikarenakan mereka masih saja menggunakan tehnik promosi 2 sampai 3 tahun lalu yang kemungkinan besar tehnik tersebut saat ini sudah tidak berlaku, atau malah hal tersebut akan berakibat merugikan.

Pasti anda akan berfikiran kalau tehnik facebook marketing yang efektif adalah dengan cara beriklan dan beriklan, Padahal sebelum kita beriklan di facebook masih ada beberapa hal yang perlu kalian persiapkan.

Untuk hal itulah bloggerjatim.com akan mepelajari bagaimana langkah yang harus anda lakukan di dalam duia facebook marketing modern, Agar strategi anda lebih tepat sasaran.

1. Temukan Page Yang Menjadi Saingan Anda Di Facebook

Biasanya orang yang baru terjun di dalam dunia facebook marketig / bisnis online, si orang tersebut langsung main srobot saja, Maksudnya adalah mereka tidak tahu apapun tentang facebook, Seperti contohnya :

  1. Mereka tahu harus berbuat apa..?
  2. Mereka tidak tahu apa yang di sukai oleh orang lain. !
  3. Dan hal efektif apa yang harus mereka lakukan untuk memulai bisnis di facebook..?
Padahal ketiga pokok di atas sangatlah penting anda ketahui, Jika anda sendiri saja tidak tahu apa-apa maka menggunakan layanan periklanan di facebook pun akan menjadi tidak efektif dan hanya akan merugikan diri anda sendiri.

Nah cara yang paling baik yang bisa anda lakukan untuk memulai bisnis marketing adalah, Dengan cara melihat dan meniru apa saja yang efektif di dalam bidang industri bisnis anda.

Lalu dimana saya bisa melihat dan meniru tehnik facebook marketing yang efektif....?

Untuk cara mencarinya silahkan anda simak penjelasan saya dibawah ini.
  • Pertama silahkan anda masukan " Pages about [industri] that are liked by my friends " di kolom pencarian facebook. Maka hasilnya akan seperti gambar dibawah ini.
Tutorial facebook marketing terbaru
  • Facebook akan memperlihatkan page dengan topik yang sama yang anda masukan dengan kalangan teman teman anda sendiri.
  • Kemudia klik pada " See more " 
  • Cari sebanyak mungkin yang sekiranya mirip dengan bisnis anda. Dan jangan lupa abaikan saja page yang memiliki follower sedikit / followernya banyak tapi jumplah like atau komentarnya sedikit.
Nah jika anda sudah menemukan page yang sekiranya mirip dengan bisnis anda yang memiliki follower banyak dan juga memiliki jumplah like dan komentar yang banyak. Kemudia silhakan anda pelajari 4 Hal ini.
  1. Seperti tatanan post yang memiliki jumplah like dan komentar banyak.
  2. Berapa sering mereka menerbitkan post baru.
  3. Waktu/jam berapa mereka membuat post yang memiliki banyak like dan komentar.
  4. Seperti apa foto yang mereka gunakan.
Sebenarnya tidak hanya 4 hal di atas yang bisa anda pelajari, Akan tetapi sangat saya rekomendasikan bagi anda yang baru saja terjun di dalam dunia facebook marketing untuk fokus di 4 hal itu saja dulu. Hal tersebut bertujuan agar iklan anda bisa tepat sasaran.

2. Membuat Page Facebook Yang Menarik

Blogger jatim memiliki tips jitu cara membuat page menarik. Ikuti tips ini.

Di facebook page/halaman itu seperti toko online anda, Jadi jika toko anda jelek maka pembeli tidak akan pernah datang di toko anda.
  • Pertama masuk masuk di halaman pembuatan fanpage https://www.facebook.com/pages/create
  • Kemudian pilih kategori sesui dengan bisnis yang akan anda jalankan. ( INGAT...! Beda kategory, Maka akan beda fitur yang di berikan ) Anda bisa melihat contoh kategory di fanpage saingan anda.
  • Masukan nama brand anda. Untuk hal ini sangat-sangat saya rekomendasikan untuk membuat brand anda sendiri dan jangan menggunakan nama brand orang atau nama produk orang lain.
  • Dan buat nama Brand menggunakan 2-3 kata saja. ( Agar lebih optimal sob )
  • Lengkapi profil anda dari URL, deskripsi, foto, Cover, about, dan lain lain. Untuk masalah ini blogger jatim memiliki tips yang bisa anda gunakan :
  1. URL : Gunakan url sesui dengan nama brand anda.
  2. Diskripsi : Gunakan diskripsi yang singkat padat dan jelas
  3. Foto : Gunakan foto dengan resolusi tinggi dan jangan menggunakan foto buram
  4. Cover : Gunakan gambar yang beresolusi tinggi dan jangan gunakan gambar dari google
  5. About : Jelaskan bisnis anda dengan kata kata yang singkat, menarik dan tidak bertele tele.
  6. Harap untuk melengkapi data yang anda butuhkan dengan selengkap-lengkapnya sebelum anda menerbitkan post
3. Ketahui & Tentukan Target Calon Audiens Anda

Dalam dunia facebook marketing, Mengelompokan 1 kelompok audiens jauh lebih baik dan efektif, dari pada mengelompokan beberapa audiens ( Umum ), Karena akan sangat sulit membuat strategi yang ampuh untuk semua kalangan.

Hal seperti ini akan anda rasakan sangat berguna saat anda menerbitkan post.

Kesalahan yang paling fatal dan sering di alami adalah mereka menggunakan bahasa yang tidak pantas untuk audiens / target. Contohnya :

Sia Andi baru saja membuat sebuah fanpage untuk bisnisnya dengan target pasar adalah orang-orang yang berusia sekitar 35 tahunan.

Akan tetapi andi malah menerbitkan post yang sifatnya untuk anak berusia muda. Contonya saja dengan menggunakan kata kata gaul ala-ala anak mudak jaman sekarang.

Hal tersebut akan membuat audiens yang kita target tidak nyaman membaca dan ahirnya akan mengabaikan begitu saja post kita / produk kita.

Intinya dalam bisnis marketing itu kita harus menyediakan apa yang pantas dan menarik untuk target audiens yang kitar incar.

4. Optimasi Website Untuk Facebook

Bagi anda yang ingin serius dalam bidang bisnis online, Maka sangat saya rekomendasikan untuk memiliki website sendiri. Untuk anda yang merasa tidak ada banyak waktu untuk membuat website toko online silahkan gunakan jasa pembuatan toko online kami.

Menghubungkan website dengan facebook sangatlah penting bagi anda yang memiliki bisnis online. Karena melakukan pemasaran online tanpa memiliki website maka itu sama saja dengan bunuh diri secara perlahan.

5. Tips yang baik untuk membuat post di facebook

Di facebook jika kita membuat lebih dari 2 post dalam sehari, Maka post tersebut akan secara otomatis memiliki jumplah klik & komentar yang sedikit. Dan juga post yang anda terbitkan haruslah memiliki kualitas yang baik.

Maka dari hal itulah. anda harus memikirkan matang matang sebelum anda membuat post baru.

Post di sosial media facebook pada umumnya tidaklah bisa terlalu berbobot,

Post denagn teks dan gambar hanya mengandung sedikit informasi saja

Jadi jika anda ingin membuat post dengan bobot yang tinggi maka saya rekomendasikan untuk menerbitkan post tersebut di website saja, Kemudia baru share ke facebook.

Kapan waktu terbaik untuk post di facebook mas...?

Tergantung siapa audiens anda.

Anda haruslah mengetahui dengan pasti siapa sih audiens anda itu..? apakah mereka adalah orang" yang selalu aktif 24 jam di facebook atau mereka adalah orang" yang hanya aktif di facebook pada malam hari saja...? atau siang hari saja.

6. Gunakan facebook Ads

Langkah terahir yang bisa anda coba adalah dengan cara menggunakan Facebook Ads sebagai media promosi. Disini blogger jatim memiliki beberapa tips yang bisa anda gunakan.
Mohon maaf karena saya terbiasa menggunkan Facebook dalam bahas inggris, Jadi mohon untuk menyesuaikan saja.

  1. Jangan boost post yang sudah di terbitkan. Buat saja dark post melalui power editor
  2. Gunakan gambar yang relavan yang berisi pesan anda.
  3. Gunakan audiens dari page orang lain sebagai target interens.
  4. Targetkan audiens yang sangat spesifik
  5. pasang remarketig pixel dan conversion tracking pixel di website anda
  6. pelajari copywriting sangat wajik anda pelajari
  7. Selalu arahkan mereka sesuai dengan apa yang harus mereka lakukan.
Itulah Tehnik Jitu Mempromosikan Bisnis di Facebook semoga artikel ini bisa memberikan gambaran bagi anda yang ingin memulai berbisnis online, Khususnya di dunia Facebook Marketing