Ciri Ciri Template Blog SEO Friendly

Ciri Ciri Template Blog SEO Friendly
Bloggerjatim.com - Blog adalah sebuah sarana yang bisa kita gunakan untuk berbagi ide, informasi atau pengetahuan, entah pengetahuan terhadap teori atau pemahaman tertentu, bahkan saat ini sudah mulai banyak memanfaatkan blog untuk memulai bisnis melalui internet. perlu kalian ketahui bahwasanya dengan blog kita juga bisa membuat toko online dengan sangat mudah dengan cara merubah templatenya saja.

Harapan bagi semua blogger ketika membuat blog adalah ia ingin blog yang dia buat bisa memiliki trafik yang tinggi, sehingga bisa menghasilkan dolar melalui program google adsense. akan tetapi untuk bisa mendatangkan traffik yang tinggi disuatu blog, bukanlah hal yang mudah. kita harus berusaha keras agar setiap artikel yang kita terbitkan nantinya bisa bersaing di halaman utama mesin pencari.
Ciri ciri template blog seo friendly
Salah satu faktor yang mempengaruhi peringkat suatu artikel / blog di mesin pencari adalah template / theme blog kita, tidak semua template blog yang ada memiliki nilai SEO yang baik, Oleh karena itulah saya akan membagikan ciri-ciri template blog seo friendly menurut para pakar SEO.

  1. Tidak ada duplikat konten
  2. Sidebar di sebelah kanan artikel
  3. Memiliki breadcrumb
  4. Tag H1 untuk judul
Template blog yang memiliki nilai seo friendly adalah template blog yang memiliki code yang dapat menyajikan dari isi artikel yang sangat di cintai oleh mesin pencari. dan juga bisa meminimalisir sesuatu hal yang tidak di sukai oleh mesin pencari.

Blogger sendiri memang sudah menyediakan template yang bisa kita gunakan, akan tetapi template yang disediakan belum memenuhi kriteria template seo friendly, sehingga kita perlu memodifikasinya agar bisa menjadi template seo friendly. untuk memodifikasi template blog bukanlah hal mudah lo...? kita harus bisa memahami printah widget blog tersebut, seperti perinyah CSS HTML dan java script.

Pastinya jika sobat adalah blogger pemula akan kesulitan untuk memodifikasi template tersebut, Jangan kuatir jika anda adalah blogger pemula dan ngak ingin pusing" memikirkan percodean, silahkan download saja template gratis / prabayar yang sudah di modifikasi oleh teman-teman blogger. disini untuk memiliki template blog mana yang memiliki niali SEO friendly silahkan lanjut baca artikel ini sampai selesai ya.

Penjelasan Template Blog SEO Friendly. Menurut Para Pakar SEO

Dibawah ini saya berikan cara memilih template blog yang memiliki nilai seo friendly menurut para pakar seo, yang harus anda miliki di template blog kalian semua.

1. Tidak Ada Duplikat Konten
Ciri ciri template seo friendly
Template blog seo friendly harus bisa mengatisipasi terjadinya duplikat konten atau yang biasa di sebut konten ganda di blog kita, Duplikat konten terjadi ketika mesin pencari membaca beberapa alamat url dalam suatau blog dengan penulisan yang berbeda tetapi menuju kehalaman yang sama. hal seperti itu sangat tidak disukai oleh mesin pencari, hal tersebut bisa saja terjadi sewaktu waktu yang tidak kalian sadari.

contoh duplikat konten seperti ini.

URL original : 

URL duplikat : 

Jika kedua link tersebut anda klik maka akan menuju kesuatu halaman yang yang sama, hal inilah yang di ma'sud duplikat konten, jika hal seperti ini anda biarkan saja maka hal tersebut akan berdampak buruk pada blog sobat, karena duplikat konten sangatlah tidak di sukai oleh mesin pencari. untuk mengatasi duplikat konten anda hanya pelu menambahkan link 'rel=canonical' di setiap halaman original. caranya yaitu :
  1. Masuk ke dashborad blogger kalian.
  2. pilih template >> Edit HTML
  3. Cari code <head>
  4. Letakan code code <link expr:href='data:blog.url'rel='canonical'/> pas berada dibawah code <head> atau diatas code </head>

2. Sidebar Di Sebelah Kanan Artikel
Ciri ciri template blog seo friendly
Ada sebuah mitos yang mengatakan bahwasanya googleboot membaca sebuah artikel dari kiri kekanan. akan tetapi semua ini baru mitos semata karena sampai saat ini yang saya tahu belum ada seorang blogger pun yang membenarkan tentang hal ini, jika teman teman mungkin sudah ada yang bisa membuktikan apakah benar atau salah mitos ini. silahkan berkontar ya.

Menurut para pakar seo, bahwasanya sidebar disebelah kanandan postingan berada di sebelah kiri akan memiliki nilai seo lebih dari pada sidebar disebelah kanan dan postingan disebelah kiri.

Sebagai analisanya silahkan baca di 2 blog yang memiliki tata letak berbeda, dan nilailah lebih enak mana membaca sebuah artikel yang memiliki letak di sebelah kiri sidebar atau artikel disebelah sidebar, saya yakin pasti banyak yang nyaman membaca suatu artikel yang memiliki letak disebelah kiri artikel, hal tersebut menurut saya juga berpengaruh di mesin pencari google, karena apa ? google sangat memperhitungkan kenyamanan pengunjung yang mencari informasi melalui mesin pencari google.

3. Memiliki Breadcrumb
Ciri ciri template blog seo friendly
Salah satu ciri ciri template seo friendly yang mungkin sudah kalian ketahui adalah breadcrumb, setiap halaman di blog sobat haruslah memiliki breadcrumb, bagi anda yang belum tahu dimana letak breadcrumb disini akan saya beritahu, letak breadcrum biasanya berada di diatas judul blog / atas judul artikel / bawah judul artikel. akan tetapi yang paling baik diletakan dibagian atas judul blog. sebagai contoh lihat pada breadcrum blog saya ini.

Breadcrum berguna untuk memberikan jejak / memberitahu dimana letak pengunjung saat ini, sehingga pengunjung bisa kembali ketitik awal atau ke entri sebelumnya dengan sangat mudah, tanda > biasanya digunakan sebagai pemisah antara entri satu dengan yang lain. Silahkan lihat pada blog kalian masing masing apakah template yang anda gunakan saat ini memiliki redcrum atau tidak.

4. Tag H1 Untuk Judul
Ciri ciri template blog seo friendly
Tag H1 untuk judul blog / judul artikel adalah salah satu ciri ciri template blog seo friendly, setiap judul artikel atau halaman yang kalian buat harus menggunakan tag H1 titi, ingat tidak boleh lebih dari 1 ya, Jika judul artikel / halaman anda tidak memiliki tag H1 atau lebih dari 1 maka itu artinya template anda tidak termasuk template SEO friendly, Tag H1 harus ada juga di judul blog sobat.

Lalu Bagaimana mas cara cek judul artikel sudah H1 atau Belum...?

Untuk cek apakah template sobat sudah menggunakan tag H1 atau belum, silahkan anda masuk kesalah satu halaman blog kalian, Jika kalian menggunakan mozila firefox untuk browsing, silahkan klik kanan pada halaman artikel anda >> Pilih inspeksi elemen >> kemudia pada window slide bawah yang muncul lihat kesudut kiri bawah dan cari tombol kotak panah >> silahkan klik tombol tersebut >> lalu arahkan kejudul artikel anda H1 dan judul blog anda H2, maka itu artinya template blog anda sudah seo friendly.


Penutup....

Artikel diatas adalah penjelasan tentang ciri ciri template blog seo friendly. silahkan anda cek blog anda masing-masing apakah sudah memenuhi kriteria template seo friendly atau belum ?
semoga artikel Ciri Ciri Template Blog Seo Friendly ini bisa memberikan dampak positif untuk blog anda semua, tetap semangat ngeblog salam sukses untuk teman-teman blogger semua.

Terimakasih telah membaca :
Ciri Ciri Template Blog SEO Friendly

Mampir juga ke Blog & Website Kami Lainnya :
www.msi-id.com
www.medantips.com
www.abdulazizsanjaya.com